Bagi yang belum tahu apa itu PHP. disini tempatnya.

0
Bagi seorang programmer, kata PHP bukan merupakan kata yang asing. Bagi mahasiswa yang sedang belajar bahasa pemrograman web, PHP juga bukan merupakan bahasa asing. Kadang kita tau nama, tetapi tidak mengetahui latar belakang dari nama tersebut. Nah pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang seluk belum PHP.

PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemrograman web server-side (dieksekusi pada komputer yang memiliki web server) yang bersifat open source (gratis dan bisa disebarluarkan/digunakan secara gratis).
Berterima kasihlah kepada seorang programmer bernama Rasmus Lerdorf yang telah membuat PHP ini pada tahun 1994 yang dikembangkan dari bahasa C dan Perl. Pada awalnya bahasa pemrogaman ini hanya digunakan untuk menangain pengolahan data form/formulir di internet saja. Tetapi antusis penggunaannya samapi dengan sekarang sangat banyak, hingga hampir sebagian besar web di dunia ini menggunakan bahasa pemrograman ini.
Berikut sejarah timeline PHP
  1. PHP/F1
    Awalnya nama singkatan PHP adalah Personal Home Page Tool (sekarang PHP: Hypertext Preprocessor”). Pada awalnya Rasmus membuat bahasa pemrograman ini bertujuan untuk menyimpan data pengunjung  yang melihat biodata pada web sitenya. Perkembanganny, pada pertengahan tahun 1997 pemakai bahasa PHP semakin banyak, terlihat dari jumlah statistik domain yang menggunkan PHP hampir lebih dari 50.000 web site. Bulan November tahun 1997 muncul PHP/FI versi 2.0 yang merupakan cikal bakal PHP 3
  2. PHP Versi 3
    Menambahkan fungsi-fungsi baru, dukungan akses ke banyak database, pengelolaan protokol, dan API (Aplication Programming Interface). Nah pada Versi ini singkatan PHP resmi menjadi PHP: Hypertext Preprocessor sampai sekarang. Pada tahun 1998 hampir 10% web di dunia menggunakan PHP.
  3. PHP Versi 4
    Diperkenalkan tahun 1999 menggunakan script Zend Engine I untuk meningkatkan performansi dan dukungan terhadap berbagai ekstensi dan modul. Fungsi lain ditambahkan seperti fasilitas HTTP session, output buffer dan keamanan sistem.
  4. PHP Versi 5
    Diperkenalkan pada bulan Juli tahun 2005 menggunakn Zend Engine II yang sudah ditingkatkan atas dukungan konsep OOP (Object Oriented Programming) dan ekstensi PDO (PHP Data Object). Fasilitas-fasilitas lain juga ditambahkan untuk keamanan data.
  5. PHP Versi 6
    Belum keluar, tetapi rumornya akan menambahkan dukungan terhadap Unicode atau multybyte string, tetapi fungsi ini sudah diimplementasikan di PHP veris 5.4.x
Bahasa pemrograman ini secara umum mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa-bahasa pemrograman lain, apalagi sekarang ini bermunculan Framework-framework (fungsi-fungsinya sudah disediakan dan tinggal pakai) PHP yang memudahkan dan mempercepat pembangunan aplikasi/web dengan PHP. Contoh Framework PHP: Codeigniter, YII, CakePHP dan banyak lagi yang lainnya. Tertarik? silahkan mencoba.

Bingung dengan istilah tersebut.? Jangan khawatir saya akan berusaha menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk istilah tersebut.Secara garis besar bahasa pemrograman web terdiri dari dua macam. Yang pertama disebut dengan Client Side atau script yang dijalankan di komputer client dan yang kedua biasanya disebut dengan Server Side atau script yang dijalankan pada komputer server. Gampangnya begini kalo Client Side adalah script atau perintah yang ditujukan pada komputer untuk dijalankan pada komputer milik orang yang mengakses web tersebut. Misalnya kalian mengakses web site www.indrabt.com. Apabila web site ini memiliki script client side yang berguna untuk menampilkan misalnya gambar logo milik web site ini maka yang menjalankan script tersebut adalah komputer kalian atau dengan kata lain browser kalian. Apabila script yang berguna untuk menampilkan gambar logo adalah bersifat server side maka pertama tama script tersebut akan diproses di server tempat web site tersebut berada (biasanya disebut dengan hosting), setelah diproses baru hasil pemrosesan tersebut akan dikirimkan pada client yang mengakses web site tersebut. Begitu gambarannya.
nach apa saja bahasa pemrograman web yang termasuk dalam Client Side dan Server Side. Saya akan memberikan contoh yang paling banyak digunakan aja soalnya saya juga gak hafal sich semua macam bahasa pemrograman web baik yang client maupun server side. Bahasa pemrograman Client Side yang terkenal adalah Javascript, VBScript, beserta dengan teman-temannya. Sedangkan bahasa pemrograman server side yang terkenal adalah PHP, Ruby On Rail, JSP, ASP, ASP.NET, dan masih banyak lagi.
nach untuk hari ini itu aja postingan saya biar kalian tidak terlalu pusing. Takutnya kalau kalian pusing malah jadi males belajar PHP and saya juga yang rugi. lo kok bisa?, pasti itu yang muncul di benak kalian. jawabannya gampang aja. Soalnya saya udah ngetik banyak banyak dan tidak ada yang baca, menurut kalian rugi nggak udah ngetik banyak banyak malah tidak ada yang baca.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)