Script php dalam membuat Grafik.

0
Grafik chart sering digunakan untuk mempermudah pembacaan data statistik. Dari grafik chart, kita juga dapat dengan mudah dan cepat dalam membaca informasi tentang suatu data. Nah… bagi Anda yang telanjur jatuh cinta dengan PHP, kira-kira bisa tidak ya menampilkan data statistik ke dalam bentuk chart? Jawabannya jelas BISA donk… Bahkan kita dapat mengintegrasikan chart tersebut dengan database, maksudnya data statistik yang tersimpan dalam database nantinya akan direpresentasikan ke dalam bentuk chart.
Kalau PHP bisa digunakan untuk membuat chart? lantas… gimana caranya? Sulitkah membuatnya?
Pada saat sekarang dimana banyak orang yang baik hati, para pecinta PHP tidak perlu lagi repot-repot membuat script chart. Mengapa? ya… karena ada orang yang baik hati dalam membuat modul chart yang siap pakai. Tugas para programmer hanyalah membuat script untuk mengintegrasikan modul chart tersebut dengan data yang dimilikinya, serta mengatur tampilan chartnya saja.
Wah asyik nih… trus nama modulnya apa yah? Nama modulnya adalah JpGraph. Pada artikel yang lain, saya telah menunjukkan cara penggunaannya untuk keperluan verifikasi form supaya terhindar dari spam. Sedangkan kini, saya akan tunjukkan cara penggunaanya untuk menampilkan chart dari data mysql.
Untuk kali ini, saya akan ambil studi kasus tentang data statistik penduduk suatu negara. Download struktur tabel yang digunakan dibawah ini:
  Download Script dan Modul JpGraph
  Update:
Ada tambahan script untuk JpGraph untuk keperluan modul languange nya. Tanpa script ini, JpGraph akan terjadi error. Silakan diekstrak di dalam folder hasil ekstrak script di atas.


Download Languange

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)